Kamis, 10 Oktober 2013

Analisis Hutang Pembangunan Monorel

          Jepang merupakan sebuah negara yang memiliki nilai tambah dalam hal pemberian pinjaman dana untuk pembangunan Monorel di Jakarta. Dari sejumlah kreditur yang ada, pinjaman dari Japan International Coorporation Agency (JICA) merupakan yang menguntungkan bagi perusahaan dan Pemerintah Provonsi DKI Jakarta.


            Untuk memberikan pinjaman pada proyek ini, Japan International Coorporation Agency memperoleh telah mengalokasikan dana hingga 125 miliar Yen atau setara Rp 12,5 triliun. Dana itu akan digunakan untuk pembangunan jalur MRT dari Bundaran HI hingga ke Lebak Bulus yang berjarak 15,7 kilometer. Tidak hanya itu, kreditur asal Negeri Sakura itu juga memberikan jangka pengembalian utang sangat panjang yaitu hingga 40 tahun

Analisisnya, Selama ini baru Japan International Coorporation Agency  yang berani mengucurkan pinjaman dana dengan tenor cukup panjang dibandingkan perusahaan internasional lainnya. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan bagi PT MRT Jakarta untuk pinjaman dari perusahaan lain selain dari Jepang sepanjang sistem pinjamannya mempunyai nilai tambah seperti JICA.

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/713929/utang-pembangunan-monorel-baru-lunas-40-tahun-lagi?wp.bsns

Nama  : Desi Fitriana
Kelas  :  4EB17
Npm   :  29210480
Tugas :  Softskill (Bahasa Indonesia 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar