Rabu, 16 Oktober 2013

Analisis Kenaikan Harga Menjelang Hari Raya Idul Adha Tidak Pengaruhi Inflasi

      Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga daging dan beberapa kebutuhan pokok lain di beberapa daerah diperkirakan akan naik. Namun, kenaikan harga beberapa bahan pangan ini dinilai tidak akan mengerek inflasi. Peneliti Institute for Development of Economics and Finance, Didik J Rachbini mengungkapkan, fenomena yang terjadi ini tidak akan memberikan dampak signifikan pada daya beli konsumen.


    Karena harga daging memang sudah tinggi. Tidak begitu besar pengaruhnya terhadap inflasi. Menuju hari raya biasa begitu, kalau pun ada pengaruh terhadap tingkat inflasi, maka pengaruh tersebut hanya berada dalam skala kecil dan bisa segera dikendalikan pasca-hari raya.


   Analisisnya, Tidak perlu khawatir soal inflasi pasca-Idul Adha. Semua hari raya keadaannya pasti begini. Itu akan terkendali kembali Sebelumnya, di beberapa daerah seperti di Kalimantan Barat dan Jawa Tengah dikabarkan harga kebutuhan pokok seperti cabai, daging dan beberapa yang lain mengalami peningkatan menjelang Idul Adha besok. Di Sungai Raya, Kalbar misalnya, harga daging kambing mencapai Rp100 ribu per kg.


Nama : Desi Fitriana
Kelas : 4EB17
Npm  : 29210480
Tugas : Softskill

1 komentar:

  1. Sugarboo extra long digital titanium styler - TiN - Titanium Art
    Sugarboo extra long digital titanium styler. Type: Stainless steel titanium glasses frames core. titanium nitride coating Material: titanium body armor stainless titanium network surf freely steel; Width: 3 cm. Type: Stainless steel; Thickness: 7 mm titanium canteen

    BalasHapus